Ustadz dan Kyai Komit Kembangkan Pariwisata Syariah

0
118

Majalengka, Genpiknik.com – Siapa bilang pariwisata hanya sebatas seni budaya dan keindahan alam? Sejak dulu, wisata religi bahkan sudah akrab di telinga sebagian orang. Kegiatan yang kini akrab juga disebut wisata syariah ini memang butuh trik cerdas untuk mengembangkannya. Apa langkah yang harus ditempuh?

Berangkat dari pemikiran tersebut, Ustaz Yusuf Mansur dan Kiai Maman Imanulhaq terlibat pembicaraan serius pada pertemuan di Ponpes Al Mizan Jatiwangi Majalengka, Selasa (2/1).

“Saya sengaja datang ke Majalengka untuk bertemu sahabat saya Kiai Maman, sekaligus melihat secara langsung potensi pariwisata di sini. InsyaAllah, kita akan melakukan pengembangan pariwisata syariah di Ciayumajakuning,” ujar Yusuf Mansyur.

Dai entrepreneur ini melihat wisata religi atau pariwisata syariah sangat memungkinkan untuk digarap di Tanah Air. Sebab, Indonesia adalah negara dengan jumlah masyarakat muslim terbesar di dunia. Jika penggarapannya serius, akan memiliki potensi wisatawan domestik dan luar negeri yang besar.

“Saya kira wisata religi mulai populer belakangan ini. Istilahnya saja yang beragam. Ada yang bilang pariwisata syariah, Islamic Tourism, Halal Friendly Tourism, Halal Travel, Muslim-Friendly Travel, halal lifestyle, dan masih banyak lagi istilah lain,” ungkapnya.

Yusuf menambahkan, pariwisata syariah akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Ini juga punya nilai taawun (gotong royong) karena ada efek positif berupa pengentasan kemiskinan.