Sawahlunto Internasional Music Festival (SIMFes), Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat

0
200
Sawahlunto International Music Festival (SIMFes) - foto Jinderapura

Pagelaran musik Sawahlunto International Musik Festival (SIMFes) akan kembali diadakan pada 18-20 Oktober 2019 mendatang di Sawahlunto, Sumatera Barat. SIMFes merupakan festival musik komposisi etnik, modern dan kontemporer.

Berbagai musisi dari dalam dan luar negeri akan unjuk kebolehan untuk mengisi acara ini.

Acara musik internasional ini, sebagai terobosan yang sangat baik mempromosikan potensi pariwisata di daerah Sawahlunto, Sumbar dan mampu menarik minat para wisatawan.

Seperti pada tahun sebelumnya, SIMFes mampu mendatangkan musisi-musisi internasional, sepeti Debu (Turki), Leana Rachael (USA), Tandava (Italia/Russia/Jepang).

Selain itu juga ada musisi dari Indonesia, seperti Sisir Tanah (Yogyakarta), Groove ‘Nroll Percussion (Jakarta), Iksan Skuter (Malang), dan lain-lain. SIMFes pada tahun 2018 bertemakan “Sawahlunto, the Energy of the World’s Culture”.

Pada pagelaran ini, pengunjung bukan hanya menyaksikan para musisi yang tampil di atas panggung, melainkan juga ada workshop.

Di mana para musisi akan berbagi ilmu kepada para pengunjung yang datang.

Dipandang sukses setiap tahun di segi penyelenggaraannya, SIMFes pun masuk ke dalam 100 Wonderful Events 2018 Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

SIMFest merupakan festival musik komposisi etnik, dan kontemporer di Kota Sawahlunto. Sebuah garapan event kesenian yang dapat dijadikan wadah untuk menuangkan ide-ide kreasi tanpa batas dalam dunia musik bagi seniman dan musisi itu sendiri.

Festival ini diharapkan dapat memperlihatkan keragaman musikal dari brbagai etnik di dunia, sehingga dapat mengembangkan dialog budaya antar bangsa berdasarkan semangat kebhinekaan.

Sawahlunto International Music Festival (SIMFest)

Sawahlunto International Music Festival is music festival of ethnic, modern and contemporary composition in Sawahlunto.An arable art event that can be a platform for sharing unlimited creative ideas in music world for artist and musicians.This festival is expected to show the diversity of various ethnic musical in the wordld, so it can develop a culture dialogue among nations based on the spirit of difersity.

KALENDER EVENT (AGENDA)

Tahun 2017 : Dilaksanakan pada tanggal 4 – 5 November 2017
Tahun 2018 : Dilaksanakan pada tanggal 19 – 21 Oktober 2018
Tahun 2019 : Dilaksanakan pada tanggal 18 – 20 Oktober 2019

Check CoE Sumbar tahun 2019 : http://sumbar.travel/agenda/