Rang Solok Baralek Gadang 2023 Digelar 16-18 September

0
109
ritual-batulak-bala-rang solok baralek gadang - indonesia travel

Solok, SumbarTravel – Acara rutin Kota Solok, Rang Solok Baralek Gadang akan digelar pada 16-18 September 2023 nanti. Kegiatan ini dilaksanakan di Hamparan Sawah Solok.

Rang Solok Baralek Gadang ini merupakan salah satu dari empat acara pariwisata Sumbar yang masuk kalender (KEN) 2023. Sekadar informasi, Kharisma Event Nusantara atau KEN, merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf bersama Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder pariwisata untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Tiga lainnya, Internasional di Kota Sawahlunto), Pesona Minangkabau (Kabupaten ) dan Payokumbuah Botuang Festival (Kota ) yang baru masuk tahun ini.

Menurut informasi, acara Rang Solok Baralek Gadang mengambil berbagai objek budaya yang terhubung dengan pengetahuan lokal ketahanan pangan. Hal ini didasari daerah Solok, terkenal karena kelezatan Beras Solok (Bareh Solok-bahasa )

Ada beragam penampilan spesial dalam acaraRang Solok Baralek Gadang tahun 2023 ini, yaitu :

  • Penampilan group musik atraksi minang modern, Darak Badarak yang baru saja meraih juara 2 ajang Indonesia's Got Talent (IGT) 2023.
  • Penampilan Orkes Taman Bunga, Tari Massal Crescent Theather x Sirasook dan Dance Theatre (), Legasi Seni (Malaysia).
  • Penampilan Teras Ansamble (Pontianak, Kalimantan Barat), Dance By Dya (Bandung), Adi Karya Dance Compani (Medan), dan penampilan tradisional di Kota Solok. (*)