Ponorogo Siapkan 85 Event Sepanjang 2019

0
147

Ponorogo, Genpiknik.com – Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, bersiap menjaring banyak wisatawan sepanjang 2019. Sejumlah atraksi bakal digelar. Total, ada 85 event yang disiapkan. Calendar of Event Pariwisata Ponorogo sudah bisa dinikmati mulai pekan depan.

85 Event yang akan disajikan Ponorogo dijamin unik dan menarik. Ada unsur tradisional yang dikolaborasikan dengan budaya kontemporer. Ada juga kuliner yang disajikan masif dengan beragam varian.

“Ponorogo sangat responsif. Mereka peka membaca potensi dan kekuatan daerahnya. Setiap bulan ada banyak event yang ditawarkan kepada wisatawan. Event-event ini sangat memanjakan wisatawan. Ada beragam warna budaya khas Ponorogo yang disajikan. Inilah warna asli Ponorogo yang eksotis,” ungkap Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani Mustafa, Sabtu (5/1).

Untuk mengawali tahun 2019, sejumlah event dirilis saat Januari. Ditandai Lomba Fotografi dan Videografi, Kamis (10/1). Lomba ini jadi ajang kreativitas bagi generasi zaman now. Mereka bisa mengeksplorasi alam dan budaya Ponorogo, lalu memberikan input terkait lingkungan.

Kemudian, Pentas Reog Bulan Purnama disajikan Senin (21/1). Kemeriahan Januari ditutup dengan Pentas Wayang Kulit yang digelar Sabtu (26/1).

“Ponorogo selama ini identik dengan Reog. Nyatanya, ada banyak kekuatan budaya juga kuliner luar biasa di sana. Kolaborasi ini tentu menjadi paket wisata menarik yang harus dikunjungi,” terangnya.

Di bulan Februari, ada 7 event yang ditawarkan. Ada Gebyar Jathil Massal, 17 Februari. Jathilan merupakan elemen penting dalam Reog. Tarian ini menjadi gambaran prajurit berkuda Kerajaan Bantarangin. Nantinya tarian ini akan melibatkan ribuan pelajar, seniman, dan pelaku seni.

Ponorogo juga menyelipkan kekayaan kulinernya. Ada Festival Ngopi Bareng dan Pesta Durian. Festival Ngopi Bareng dirilis Sabtu (23/2). Sekaligus, menjadi penegas Ponorogo sebagai sentra penghasil kopi yang berkualitas, baik robusta maupun arabika. Kopi ini jadi produk andalan wilayah timur Ponorogo, tepatnya di Ngebel, Talun.