Pembukaan Tour de Singkarak 2014 Hadirkan Airshow

0
69

Perhelatan besar Tour de Singkarak kembali digelar. Tampil beda dengan tahun-tahun sebelumnya, event balap tahunan ini menghadirkan airshow pada pembukaannya.

“Ada tampilan baru dari Tour de Singkarak yang sebelumnya tak ada, yaitu pertunjukan 7 pesawat udara dari AURI di Grand Opening Tour de Singkarak di ,” ungkap Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, dalam jumpa pers Grand Launching Tour de Singkarak, di Balairung Soesilo Soedarman, Kemenparekraf, Jl Medan Merdeka Barat, Jumat (9/5/2014) malam.

Pertunjukan ini, lanjut Irwan, belum ada sebelumnya dan pertama kali ada di Tour de Singkarak. Airshow tersebut ternyata mengikuti Tour de France di Prancis. Rencananya, Airshow akan tampil selama satu jam.

Tour de Singkarak akan dilangsungkan di 18 kabupaten di Sumatera Barat, 7-15 Juni 2014. Seluruh kabupaten ikut kecuali Kabupaten karena lokasinya di kepulauan.

“Dari semua kabupaten ini memang kita arahkan ke destinasi-destinasi sebagai promosi supaya destinasi wisata bisa terangkat,” tutur Irwan.

Sampai saat ini, tambah Irwan, destinasi yang ditonjolkan masih alam. Beberapa di antaranya adalah Danau Singkarak, Lembah Anai, dan Lembah Harau.

Sekitar 20 tim dari 23 negara ikut ambil bagian dalam Tour de Singkarak 2014. Negara-negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Tunisia, Selandia Baru, Thailand, Australia, Iran, Singapura, Argentina, Spanyol, Taiwan, Uni Emirat Arab, Brunei Darussalam, Belanda, Korsel, AS Uzbekistan, Mongolia, Inggris, Filipina, Maroko, Moldova, dan Jepang.

Ada 9 etape yang harus dilalui pebalap dalam Tour de Singkarak ke-6 ini. Etape pertama adalah Padang Pariaman-Pariaman. Etape kedua adalah Pasaman-. Etape ketiga adalah 50 Kota- Datar, lanjut etape keempat di -.

Etape kelima adalah -Kabupaten Solok, etape keenam adalah Padang Panjang-Kota Solok. Etape ketujuh adalah Padang Panjang-Kota Solok, etape kedelapan adalah Sawahlunto-Dhamasraya, dan terakhir etape kesembilan di -Padang.

“Kita memadukan culture, nature, dan sport,” ungkap Wamen Parekraf, Sapta Nirwandar, dalam kesempatan yang berbeda.

Menurutnya, event ini merupakan kebanggaan Indonesia ,bukan cuma Sumbar. Terlebih, Tour de Singkarak telah dikenal di mancanegara.

Sumber : sport.detik.com – Sabtu, 10/05/2014 01:01 WIB

No tags for this post.

Related posts