Pelabuhan Sikakap, di Kabupaten Mentawai

0
78
Pelabuhan Sikakap, foto Dispar Sumbar

Alamat : Sikakap, Kabupaten Kepulauan , Sumatera Barat 25391

Pelabuhan Sikakap adalah sebuah pelabuhan yang didirikan pada tahun 1992, sebagai pelabuhan penunjang ekonomi rakyat di Kepulauan Mentawai Terutama di Kepulauan Sikakap. Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) optimistis bisa menjadikan Pelabuhan Sikakap di Kepulauan Mentawai sebagai sentra perikanan terbesar di wilayah Indonesia bagian barat. Potensi perikanan di Sumatra, terutama di Kepulauan Mentawai, memang belum tergarap optimal selama ini.

Profil UPTD Pelabuhan Perikanan Pantai Sikakap

Kepulauan  Mentawai  merupakan  kawasan  fishing  ground dibagian barat   Sumatera  yang  berdasarkan  hasil penelitian para ahli tahun 1975 memiliki  sumber  daya ikan  yang  sangat  tinggi  dan hal ini tetap terbukti sampai saat ini  kapal – kapal  ikan  yang beroperasi  di  kawasan  ini  berasal dari sebagaian Pulau Jawa terutama  dari  Jakarta   dan Pulau Sumatera seperti dari , Tanjung Balai Asahan, Sibolga, Bengkulu, Lampung serta dari  daerah  Sumatera Barat sendiri yaitu , Pariaman, Tiku,   (Sasak & Air Bangis) dan .

Pelabuhan Perikanan Pantai Sikakap dibangun tahun  1979  dan  merupakan  salah satu  pelabuhan  perikanan  yang pertama dari  lima  pelabuhan perikanan  yang  dibangun di Indonesia  untuk  mendukung  operasional  Proyek  Perintis  Pemasaran  Ikan/P3I  (New Zealand Bilateral Aid Proyect) yang sudah dibangun di Padang – Sumatera Barat tahun 1977 serta sebagai pelabuhan perikanan pendukung cikal bakal dibangunnya pelabuhan utama yaitu Pelabuhan Perikanan Nusantara Bungus saat ini menjadi  Pelabuhan  Perikanan Samudera Bungus di Padang Sumatera Barat oleh Proyek Pengembangan Perikanan Sumatera / SFDP ( Sumatera Fisheries Development Proyect ).

Visi

Terwujudnya pelayanan pelabuhan perikanan yang prima dan sekaligus menjadikan  Sikakap sebagai pusat pertumbuhan ekonomi  melalui pemanfaatan sumber daya perikanan yang bertanggung  jawab untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan.

Misi

Meningkatkan kemampuan sumber daya aparatur pelabuhan

  1. Meningkatkan  pengawasan penangkapan ikan,  penanganan  pengolahan, pemasaran dan mutu hasil perikanan.
  2. dan mengembangkan fasilitas pelabuhan perikanan
  3. Meningkatkan fasilitasi untuk mendukung peningkatan produksi, distribusi dan pemasaran hasil perikanan
  4. Meningkatkan pelayanan dalam rangka optimalisasi pemanfaatan fasilitas pelabuhan
  5. Membina pelaku usaha perikanan
  6. Meningkatkan koordinasi dengan stake holder

Tujuan

1.      Meningkatkan kualitas SDM Pelabuhan Perikanan

2.      Peningkatan Fasilitas Pelabuhan Perikanan

3.      Meningkatkan pemanfaatan fasilitas Pelabuhan Perikanan

4.      Meningkatkan pelayanan dan koordinasi terhadap stake holder

5.      Meningkatkan produksi, distribusi dan pemasaran hasil perikanan

  1. Peningkatan sistem pengawasan penangkapan ikan, pengolahan hasil produksi, distribusi dan pemasaran serta mutu hasil perikanan

7.      Meningkatkan pembinaan terhadap masyarakat pelaku usaha perikanan

Sasaran

  1. Tersedianya SDM Pelabuhan Perikanan yang berkualitas
  2. Tersedianya fasilitas pelabuhan perikanan yang dibutuhkan masyarakat nelayan
  3. Tercapainya peningkatan pelayanan dan koordinasi dengan stake holder
  4. Tercapainya peningkatan produksi, distribusi & pemasaran hasil perikanan
  5. Terlaksananya pemanfaatan sumberdaya perikanan tangkap yang bertanggung jawab
  1. Terlaksananya  sistem  pengawasan  penangkapan ikan,  pengolahan  hasil produksi distribusi dan pemasaran serta mutu hasil perikanan.
  2. Terlaksananya pembinaan masyarakat pelaku usaha perikanan dalam rangka tercapai nya peningkatan kesejahteraan masyarakat  Kepulauan Mentawai khususnya Desa Sikakap  Pulau Pagai.
No tags for this post.

Related posts