Pasangan Turis Nomadic Tiba di Jakarta Naik Mobil

0
136

Jakarta, Genpiknik.com – Nomadic tourism sangat menyenangkan. Sebab, kita bukan hanya bisa mengelilingi destinasi disuatu daerah. Bahkan bisa hingga keliling daerah. Pasangan asal Prancis Eva & Philippe membuktikan hal tersebut. Dengan menaiki mobil pasangan ini keliling dunia. Dan mampir di Jakarta.

Eva & Philippe tiba di Indonesia setelah 2,5 tahun perjalanan dari Perancis. Pasangan asal Bordeaux ini berkelana jalur darat dari Eropa melewati 27 negara hingga sampai ke Jakarta menggunakan Land Rover Camper. Misinya sangat simple. Tur keliling dunia naik Land Rover mereka yang diberi nama Zebra.

Sebelum sampai di Indonesia, pasangan ini menghabiskan waktu selama 6 bulan di Malaysia. Zebra Eva dan Phillipe masuk ke Jakarta bulan Oktober 2018 lalu.

“Kami harus bayar 2000 Euro untuk mengirim mobil campervan kami dari Port Klang ke Jakarta. Begitu sampai, kami langsung tur ke Sumatera sampai ke Pulau Banyak di Aceh. Sayang sekali Malaka-Dumai belum ada kapal RORO padahal itu bisa memotong waktu dan biaya perjalanan. Saya rasa itu kunci untuk membuka rute cross border overland antara Malaysia & Indonesia,” kata Phillippe.

Buat Philippe, perjalanan ini sangat istimewa. Sebab, 5 tahun lalu ia mengalami krisis kehidupan. Mulai dari terkena stroke, berhenti dari pekerjaan, cerai dengan istri pertamanya. Kondisi itu yang membuatnya bertekad menjadi full time Nomad.

Setelah bertemu Eva, Philippe lantas menjual salah satu propertinya di Prancis untuk beli Land Rover baru. Mobil ini dimodif. Ia membuat cabin ibarat rumah bergerak. Isinya? Kamar tidur, toilet, pendingin, dapur.

“Sebelum meninggalkan Prancis, kami juga beli Apartemen baru yang kemudian kami sewakan lewat Airbnb. Passive income itulah yang mendanai kami untuk hidup di perjalanan selama 2,5 tahun belakangan ini,” jelas Phillipe.

Dalam perjalanannya, Pasangan ini juga harus bayar jaminan untuk carnet (passport untuk kendaraan yang ingin cross border). Biayanya di Prancis 80% dari harga beli mobil.