Pantai Air Manis dan Gunung Padang Jadi Andalan Kota Padang di Libur Akhir Tahun

0
116

Pemerintah Kota (Pemkot) merekomendasikan dua destinasi wisata untuk menyambut para wisatawan yang datang berlibur pada momen akhir tahun dalam kondisi pandemi COVID-19.

“Ada dua lokasi yang kami rekomendasikan untuk mengisi liburan akhir tahun yaitu dan kawasan ,” kata Kepala Dinas Padang, Arfian di Padang, Senin seperti dikutip dari antarasumbar

Kedua tempat tersebut direkomendasikan karena memang sudah dinobatkan sebagai destinasi wisata adaptif COVID-19 sebelumnya.

Dengan pengertian Pantai Air Manis yang dikelola pihak ketiga, serta kawasan Gunuang Padang yang merupakan wisata berbayar telah menerapkan protokol untuk menanggulangi COVID-19 secara tegas dan ketat.

Seperti pemakaian masker, mencuci tangan, dan pembatasan pengunjung sebagai kebijakan menjaga jarak.

Selain itu yang menjadi pembeda bagi destinasi adaptif COVID-19 adalah tersedianya sarana dan prasarana untuk mendukung penerapan , salah satunya tempat mencuci tangan.

“Dengan demikian setidaknya itu pengunjung bisa merasa aman dan tidak was-was ketika berwisata,” jelasnya.

Ketika ditanyai bagaimana untuk kawasan , ia mengatakan karena sifatnya sebagai destinasi terbuka maka sulit melakukan pembatasan pengunjung.

Namun untuk memastikan kegiatan wisata berjalan aman, Pemkot Padang telah membentuk tim pengamanan pada momen .

Tim tersebut dimotori oleh pihak Kesbangpol dan Satpol-PP.

“Petugas nantinya yang akan mengawasi langsung penerapan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker dan menjaga jarak,” jelasnya.

Bagi wisatawan yang datang tanpa mengenakan masker, tegasnya baik di destinasi ataupun yang tidak maka tetap disuruh pulang.

“Tindakan tegas itu dilakukan demi menekan angka penyebaran virus COVID-19 dan mencegah munculnya klaster baru,” katanya.

Penekanan juga diberikan oleh Pemkot Padang kepada para pedagang atau pelaku usaha di tempat wisata.

Pada bagian lain, Pemkot Padang juga tetap mengimbau seluruh masyarakat yang datang agar mematuhi protokol kesehatan atas dasar kesadaran diri masing-masing.