Pacuan Kuda Tradisional Kefamenanu

0
85

, NTT. Berwisata sambil memacu adrenalin? Maka Kota Kefamenanu, Nusa tenggara Timur (NTT) adalah jawabnya. Kota ini menawarkan sensasi tidak biasa berupa Lomba Pacuan Kuda Tradisional.

Lomba Pacuan Kuda Tradisional saat ini sedang bergulir. Venuenyq ada di Arena Pacuan Kuda Km 9, Kefamenanu, NTT. Diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Timor tengah Utara, event ini didukung oleh Kementerian () RI. Merespon experience yang ditawarkan, anemo tinggi diperlihatkan publik.

Menawarkan sensasi besar, Lomba Pacuan Kuda Tradisional Kefamenanu mampu menarik peserta mancanegara. Mereka berasal dari Timor Leste. Mereka mengirimkan 5 kuda plus joki terbaiknya. Duta Timor Leste berasal dari dua distrik, yaitu Oecussi Ambeno dan Cova. Delegasi Timor Leste ini akan bersaing dengan 113 peserta lainnya.

Untuk peserta domestik didominasi dari wilayah NTT. Selain wilayah Kefamenanu, peserta juga datang dari Kupang, Malaka, , dqn Rote. Asisten Administrasi Setda TTU Raymundus mengatakan, kegiatan pacuan kuda cross border yang merupakan even lanjutan. Agenda ini digelar berkesinambungan dari kegiatan pacuan kuda memperebutkan piala Bupati TTU.

“Event lomba pacuan kuda ini mematenkan NTT sebagai destinasi wisata unggulan. Berqda di kefamenanu, kami berharap event ini memberikan multiplier effect besar. Mendorong tumbuhnya di sekitar obyek wisata,” ungkapnya, kemarin.

Raymundus menambahkan, dengan datangnya banyak wisatawan termasuk para peserta dan penonton akan meningkatkan peredaran uang di wilayah ini. “Wisman Timor Leste datang mendukung timnya, ini muaranya adalah peningkatan pendapatan perkapita ,” katanya.

Raymundus juga berharap, even ini bisa menjadi stimulan bagi masyarakat TTU.”Dulunya Kuda dijadikan sebagai alat transportasi, kini sudah jarang terlihat kuda di . Even ini menjadi stimulan bagi masyarakat TTU untuk beternak kuda,” lanjutnya