Ngalau Pangian, di Kabupaten Tanah Datar

0
172

alam Ngalau Pangian, Tanahdatar memiliki keindahan alam yang begitu nyaman untuk berekrekreasi bersama keluarga atau teman. Destinasi tersebut berada di Nagari Pangian, Kecamatan Lintaubuo, Tanahdatar, Sumatera Barat.

Ngalau tersebut berupa goa yang membentang di dalam perbukitan bukit barisan sepanjang lebih kurang satu kilometer yang dialiri aliran sungai sejak dari hulu hingga ke hilir.

Objek ini juga menjadi sangat boming dan ramai dikunjungi oleh wisatawan. Hal tersebut tidak terlepas dari upaya Pemerintah Nagari melalui Badan Usaha Milik Nagari () Pangian Jaya dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Pangian untuk membenahi objek wisata ini.

Ngalau atau goa ini pada 2015 pernah tertutup oleh longsor pada dinding tebing di tepi jalan menuju mulut goa, yang menyebabkan akses ke lokasi rusak.

Goa ini juga merupakan salah satu goa terindah di Asia Tenggara seperti yang diungkapkan oleh L.deharveng A Bedos pada tahun 1995. Di dalam goa tersebut dapat ditemukan stalagmit dan stalaktit yang masih alami dengan berbagai bentuk yang indah.

Di lokasi objek wisata ini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam dengan berbagai spot selfie yang saat ini sudah tersedia berupa bangunan pondok yang berdiri tepat disebelah batang air.

Jika pengunjung keluarga dan membawa anak-anak, orang tua dapat memantau anak-anak mandi di dalam sungai sembari bersantai di pondok-pondok yang ada. Khusus pengunjung peminat khusus, mereka bisa menikmati perjalanan yang menantang menuju Goa Ngalau dengan ditemani petugas dari pengelola.

Untuk saat ini pengunjung terlebih dahulu akan disuguhi oleh spot-spot selfie berupa pondok-pondok yang berada di kaki bukit yang lokasinya tidak jauh dari parkiran.

Untuk karcis masuk per kepala sebesar Rp 5.000 ditambah Rp 5.000 untuk parkir mobil dan Rp 2.000 untuk motor, pengunjung dapat menikmati suasana asri. Selain itu, pengunjung dapat berbelanja makanan dengan harga standar di warung yang ada.

Ngalau Indah Pangian merupakan salah satu objek wisata yang sangat menakjubkan. Terletak di wialayah Kecamatan Lintau Buo, Datar. Objek wisata ini masih asri dan alami, hijaunya hutan akan anda jumpai bila berkunjung ke tempat tersebut. Menurut L. Deharveng A. Bedos seorang penelusur gua asal Prancis menyebutkan bahwa, Ngalau Indah Pengian merupakan gua terindah di Asia Tenggara (1995).

Dari mulut goa mengalir anak sungai dengan air yang sangat bersih dan segar. Selain itu, ada juga burung-burung walet ke luar masuk goa. Ini menandakan kealamiannya masih terjaga.

Ngalau ini selalu dialiri air sepanjang waktu. Air tersebut bersumber mata air di rangkaian seribu, juga terdapat panas alami di dalam goa tersebut. Di dalam goa terdapat ornamen-ornamen goa yang sangat memukau, mulai dari stalaktit, stalakmit, colom, dan lain-lain.

Di ngalau ini terdapat jalur panjat tebing yang tidak terlalu panjang, namun cukup untuk menantang adrenalin. Tingkat kesulitan jalurnya juga beragam, mulai dari grid 5.7 – 5.10 dengan kemiringan sekitar 180 derajat hingga lebih dari 180 derajat.

Untuk lokasi wisata ini, anda dapat menempuh rute Batusangkar – Litau Buo – Gua Ngalau dengan perjalanan sekitar satu jam menggunakan kendaraan pribadi.

Areal parkir kendaraan tersedia cukup luas. Para pengunjung yang datang mengendarai kendaraan pribadi atau bus carteran, bisa saja dengan leluasa berputar pada lokasi yang telah dipersiapkan.

Bila para pengunjung tidak sempat membawa perbekalan, di area parkir ini juga telah ada sebuah kafe yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman ringan dengan harga yang normal.