Menjelajahi Hutan Mangrove di Pulau Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai

0
191
Gugusan pulau kecil dan panorama mangrove Sipora Utara Mentawa - foto dispar mentawaii

Mentawai, SumbarTravel – Hanya bagi penghobi jalan-jalan yang tak akan melupakan
pulau siberut begitu saja. Satu kali pernah menghirup udara dari pulau penghasil oksigen dunia ini ingin rasanya kembali untuk menghirup lebih dalam.

Air yang jernih sehingga bisa memandangi ikan-ikan berwarna-warni didalamnya serta keindahan batu karang disela lebatnya pohon bakau (manggrove) hijau pasti akan membuat kita ketagihan. Salah satu daerah yang memiliki tempat tersebut diberi nama “Pureye” tidak jauh dari dermaga Maliepet atau Muara Siberut.

Dua cara menuju kesana, yang pertama jalan darat memakan waktu cukup lama dan jalan laut hanya 15 menit dengan menggunakan boat 15PK, cukup negosiasi
dengan pemilik boat tentang harga sewa boat anda akan segera sampai disana, harganya cukup variasi dari Rp. 20.000,- sampai Rp. 50.000,- satu kali perjalanan.

Untuk lebih mudah, sesampai di dermaga Maliepet minta diantar ke Hotel Syarudin di Muara siberut cari pemilik Hotel H. Syruddin sebab beliau mempunyai ladang yang berisi pondok untuk tempata tinggal. Disana kita akan dibantu berupa penyewaan boat, penginapan di sana, serta guide untuk menemani di lapangan. Pilihan kedua bisa bernegosiasi dengan pemilik boat dan siapkan tenda untuk berkemah atau bantuan penginapan di rumah penduduk.

Perjalanan dilanjutkan dengan boat akan terasa sekali ketika baru melewati Muara Siberut ombaknya akan menyambut kedatangan kita sebelum ke Pureye di Muara Siberut setelah itu nikmati keindahan air laut yang tenang dibelah oleh boat tak sampai
10 menit pengunjung akan bertemu dengan jajaran hutan manggrove di tepi pantai hijau, indah dan damai serta airnya jernih.