Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia

0
168

PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. atau dikenal sebagai Garuda Indonesia (IDX: GIAA) adalah Maskapai penerbangan nasional Indonesia yang berkantor pusat di Bandar udara Internasional Soekarno–Hatta. Maskapai ini adalah suksesor dari KLM Interinsulair Bedrijf. Garuda Indonesia merupakan anggota SkyTeam satu satunya di Indonesia dan Maskapai Terbesar kedua di Indonesia setelah Lion Air. Garuda Indonesia mengoperasikan penerbangan berjadwal ke sejumlah destinasi meliputi Benua Asia, Eropa, dan Australia dari Jakarta, serta kota fokus, maupun kota lain untuk penerbangan Haji. Maskapai ini adalah satu-satunya maskapai dari Indonesia yang terbang ke wilayah Eropa dan Oseania. Maskapai ini juga pernah terbang ke wilayah Amerika hingga akhir 1990an.

Pada puncak akhir 1980-an hingga pertengahan tahun 1990-an, Garuda mengoperasikan ke sejumlah jaringan penerbangan yang luas di seluruh dunia, dengan layanan terjadwal secara teratur ke Adelaide, Cairo, Fukuoka, Johannesburg, Los Angeles, Paris, Roma dan kota lainnya di Eropa, Asia dan Australia.[4] Pada akhir 1990-an dan awal 2000-an, terjadi krisis keuangan dan sistem operasional yang menghantam maskapai dengan keras, menyebabkan Garuda Indonesia memangkas layanan secara drastis. Pada tahun 2009, maskapai melakukan rencana modernisasi lima tahun yang dikenal sebagai Quantum Leap, yakni dimana program Emirsyah Satar yang merombak segalanya mulai dari bentuk, corak, logo dan seragam maskapai, serta armada dan fasilitas yang lebih baru dan lebih modern serta fokus baru pada pasar internasional, dan berhasil mendapatkan penghargaan maskapai seperti Most Improved Airline, 5-Star Airline, dan World’s Best Cabin Crew juga didapatkan pada ajang penghargaan Internasional, Skytrax.

Maskapai ini juga mengoperasikan anak perusahaan berbiaya rendah, Citilink, yang menyediakan penerbangan murah ke beberapa tujuan Indonesia dan berdiri sendiri pada tahun 2012.[5] Pada November 2018, maskapai mengambil alih operasi serta pengelolaan keuangan Sriwijaya Air melalui perjanjian Kerjasama operasional (KSO)[6] Kerjasama ini berakhir pada Desember tahun 2019.

Asal usul nama Garuda Indonesia
Pada tanggal 25 Desember 1949, wakil dari KLM yang juga teman Presiden Soekarno, Dr. Konijnenburg, menghadap dan melapor kepada presiden di Yogyakarta bahwa KLM Interinsulair Bedrijf akan diserahkan kepada pemerintah sesuai dengan hasil Konferensi Meja Bundar (KMB) dan meminta kepada dia memberi nama bagi perusahaan tersebut karena pesawat yang akan membawanya dari Yogyakarta ke Jakarta nanti akan dicat sesuai nama itu.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Soekarno menjawab pertanyaan tersebut dengan mengutip satu baris dari sebuah sajak bahasa Belanda gubahan pujangga terkenal, Raden Mas Noto Soeroto di zaman kolonial yang berisi, Ik ben Garuda, Vishnoe’s vogel, die zijn vleugels uitslaat hoog boven uw eilanden (“Aku adalah Garuda, burung milik Wisnu yang membentangkan sayapnya menjulang tinggi di atas kepulauanmu”).

Maka pada tanggal 28 Desember 1949, penerbangan bersejarah menggunakan pesawat DC-3 dengan registrasi RI-001 milik KLM Interinsulair terbang membawa Presiden Soekarno dari Yogyakarta ke Jakarta untuk menghadiri upacara pelantikannya sebagai Presiden Republik Indonesia Serikat (RIS) dengan nama Garuda Indonesian Airways, yang diberikan oleh Presiden Soekarno kepada perusahaan penerbangan pertama ini.

Rute Penerbangan Garuda

Internasional

AUSTRALIA
Melbourne
Sydney

CHINA, HONG KONG, JAPAN, KOREA

Beijing
Guangzhou
Hong Kong
Osaka
Seoul
Shanghai
Tokyo (Narita)
Tokyo (Haneda)
EROPA

Amsterdam
TIMUR TENGAH

Jeddah
Medinah
ASIA TENGGARA

Bangkok
Kuala Lumpur
Singapore

Nikmati juga penerbangan dengan berbagai mitra kami ke banyak destinasi di dunia. Klik di sini untuk melihat rutenya

Destinasi Domestik

Penerbangan Domestik
Membentangkan sayap untuk menghubungkan setiap wilayah Indonesia dan dunia, Garuda Indonesia telah memiliki hingga 69 destinasi lokal dan 22 destinasi internasional.

SUMATRA

Banda Aceh
Batam
Bengkulu
Jambi
Medan
Gunung Sitoli
Padang
Palembang
Pangkal Pinang
Pekanbaru
Sibolga
Silangit
Tanjung Karang
Tanjung Pandan
Tanjung Pinang
JAWA

Bandung
Banyuwangi
Jakarta
Malang
Semarang
Solo
Surabaya
Yogyakarta
BALI & NUSA TENGGARA

Bali
Bima
Kupang
Labuan Bajo
Lombok
Sumbawa
KALIMANTAN

Balikpapan
Banjarmasin
Berau
Palangkaraya
Pontianak
Samarinda
Tarakan
SULAWESI, AMBON, dan MALUKU

Ambon
Gorontalo
Kendari
Makassar
Mamuju
Manado
Palu
Ternate
PAPUA

Biak
Jayapura
Manokwari
Merauke
Nabire
Timika
Sorong

sumber : wikipedia dan situs resmi garuda indonesia