Keripik Balado Christine Hakim

0
260

Nama Perusahaan: Keripik Balado Crhistin Hakim

Telepon: (0751) 33318. Fax: (0751) 811036

Alamat: Jalan Nipah No. 38, Padang, Sumatera Barat 25131

Sumatera Barat terkenal dengan berbagai macam makanan tradisional , salah satu makanan yang menjadi produk unggulan adalah Kripik Balado. Penghasil keripik Balado yang terbesar di Sumatera Barat adalah Kota Bukittinggi dan Kota Padang.

Christine Hakim , seorang ibu rumah tangga yang lahir pada tanggal 29 Agustus 1956 di Padang, saat ini terkenal sebagai pengusaha keripik balado yang usahanya dirintis sejak tahun 1990 yang pada awalnya hanya bermodal 100kg ubi kayu, 50kg minyak goreng dan 10kg cabe serta 50kg gula pasir. Usaha ini merupakan usaha keluarga.

Tahun demi tahun usaha keripik Christine Hakim semakin meningkat sehingga usaha Keripik Christine Hakim sudah dapat menempati ruko yang berlokasi di Jl. Nipah no 38 Padang (dekat jembatan Siti NUrbaya ). Berkat usaha dan kerja keras penguasa Keripik Balado ini sekarang Kerpik Balado merupakan icon oleh-oleh di Kota Padang yang paling laku dan enak sehingga mendapatkan penghargaan dari Indonesia Book of Record. Dalam menjalan usahanya Christine Hakim bermitra dengan dinas instansi pemerintah seperti Deperindag , Pariwisata, dll sehingga usaha Keripik Christine Hakim bisa menjual bebagai macam makanan khas Sumatera Barat yang berkualitas yang berasal dari 14 Kabupaten/Kota. Pada saat ini sudah dapat merekrut tenaga kerja 40org.

Dilihat dari usaha Keripik Balado Christine Hakim saat ini di beberapa persimpangan jalan sudah terpampang baliho dan neon box yang dapat dijadikan sebagai informasi & promosi makanan kahas Sumatera Barat bagi pengunjung wisatawan yang datang ke Sumatera Barat. Sedangkan untuk kemasan, Christine Hakim sudah menggunakan box pada kemasan

Keunggulan dari usaha Kerpik Balado Christine Hakim saat ini adalah 300 UKM yang bermitra dengan usaha Keripik Balado Christine Hakim, produknya langsung dibayar tunai tidak bersifat konsinyasi ditambah lagi yang lebih positif, usaha keripik balado telah dapat membina beberapa UKM untuk jenis makanan lainnya ( rendang ikan tuna, rendang lokan dari pesisir selatan) dan sekaligus memberikan modal kerja berupa perlatan , keuangan dan bangunan fisik. Untuk pembayaran cicilan dengan sistem pemotongan sebesar 10% dari hasil keuntungan produk.

Meskipun saat ini usaha Kripik Balado Christine Hakim sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh banyak pihak, namun Christine Hakim masih mempunyai keinginan untuk lebih memotivasi perusahaan-perusahaan kecil lainnya di Sumatera Barat guna mengembangkan usahanya di masa datang, dan menjadikan usaha ini sebagai sentral oleh-oleh di Sumater Barat.

2010-present

Ibu Christine mengembangkan usaha di bidang Pakaian, yang mana menjual sovenir Khas Sumatera Barat, Kaos Minang dan Batik Minang.

2015-present

Ibu Christine Hakim mengembangkan usahanya lagi dengan membangun CHIP (Christine Hakim Idea Park).

CHIP ini adalah Wisata Hiburan Keluarga yang berlokasi 5 menit sebelum Bandara International Airport (BIM). Di kawasan komplek CHIP terdapat juga Toko Kripik Balado Christine Hakim, Batik dan Kaos Christine Hakim Collection, Food Court, Waterpark dan berbagai fasilitas lainnya.

Instagram Christine Hakim Group

Ibu Christine Hakim : loeichristinehakim

( https://www.instagram.com/loeichristinehakim/?hl=en )

Kripik Balado Christine Hakim : kripikbaladochristinehakim

( https://www.instagram.com/kripikbaladochristinehakim/?hl=en )

CHIP (Christine Hakim Idea Park) : christinehakimideapark

( https://www.instagram.com/christinehakimideapark/?hl=en )

Batik & Kaos Christine Hakim Collection  : christinehakim.collection

( https://www.instagram.com/christinehakim.collection/?hl=en )

Finelis Coffee & Tea : finelis

( https://www.instagram.com/fineliscoffee/?hl=en )

PETA