Kegiatan Unik di Acara, Rang Solok Baralek Gadang 2022

0
85

Kota Solok yang terkenal dengan sebutan “Kota Beras” karena memiliki beras berkualitas tinggi ini memiliki sejumlah keindahan dan keunikan, loh! Di antara wilayah kota yang sudah mulai menjadi daerah urban, ternyata masih banyak wilayah kota yang bertahan sebagai daerah persawahan.

Nah, kondisi inilah yang dirayakan oleh masyarakat Solok melalui acara . Acara yang akan diadakan di Hamparan Sawah Solok, Kelurahan VI -Kota Solok Sumatera Barat ini akan dilaksanakan pada 22 hingga 26 September 2022 nanti. Penasaran kan, akan seperti apa Rang Solok Baralek Gadang ini nantinya? Yuk intip ulasannya dari .travel

ritual-batulak-bala-rang solok baralek gadang – indonesia travel

Ritual Batulak Bala (Tolak Bala)
Rangkaian acara Rang Solok Baralek Gadang akan dibuka dengan Batulak Bala, sebuah ritual yang diadakan pada pagi hari pertama Rang Solok Baralek Gadang, yaitu tanggal 22 September 2022. Ritual ini merupakan ritual adat Kota Solok yang masih tetap dilakukan hingga masa kini, loh!

Sebelum turun ke sawah, kamu akan melihat masyarakat melakukan ritual Batulak Bala dengan berdoa dan berzikir bersama sambil mengelilingi area persawahan. Melalui doa-doa tersebut, masyarakat menaruhkan harapan agar mendapat berkah dari Ilahi dan terhindar dari segala hama penyakit dan wabah, serta mendapat hasil panen yang berlimpah.

Malam Pembukaan Kegiatan
Setelah melakukan ritual di pagi hari, event Rang Solok Baralek Gadang akan dibuka secara resmi dengan adanya malam perayaan. Malam perayaan ini akan dilaksanakan pada malam hari di hari pertama.

Jangan sampai melewatkan malam ini, ya! Karena, di malam perayaan ini kamu akan menyaksikan berbagai penampilan kesenian yang seru mulai dari kesenian tari hingga musik, seperti Silek Basilumuih dan Randai.

Penampilan kesenian
Selain penampilan di Malam Perayaan yang merupakan penampilan pembuka, kamu juga bisa tetap menikmati berbagai penampilan kesenian yang memukau dari hari pertama hingga hari terakhir, yakni tanggal 25 September 2022!

Kamu bisa menyaksikan berbagai pertunjukan, mulai dari penampilan sanggar seni tari daerah kabupaten dan kota, pertunjukan grup musik kabupaten dan kota, pertunjukan musik kontemporer dari , hingga randai kontemporer dan kuda lumping, lho!

Pameran dan Bazar Kuliner
Rasanya tidak lengkap kalau mampir ke suatu tempat tanpa mencoba kuliner khas daerahnya, kan? Maka dari itu, terdapat juga pameran dan bazar kuliner di Rang Solok Baralek Gadang yang bisa kamu kunjungi!

Pameran ini melibatkan komunitas nasional hingga internasional, lho! Ada beragam pameran yang dapat kamu kunjungi, di antaranya pameran alang-alang, instalasi jerami, dan pameran lainnya. Kamu juga dapat mencicipi berbagai kuliner menarik di bazar kuliner! Diharapkan, Pameran dan Bazar Kuliner ini juga dapat menciptakan ruang bagi para pelaku pariwisata dan berbasis ketahanan pangan.

Permainan Anak Nagari
Setelah puas menyaksikan berbagai penampilan dan mencicipi berbagai makanan dan minuman, yuk bermain bersama karena di hari ketiga dan hari keempat.

Permainan anak yang akan diadakan adalah Silek Basilumuh, Pacu Upiah, Batuang Gilo, dan Basikakeh Roda Basi. Hm, nama-namanya terdengar asing, ya? Supaya bisa mengetahui lebih lanjut tentang permainan ini, jangan lupa ikut main ketika kamu mengunjungi Rang Solok Baralek Gadang tahun ini

penampilan-kesenian-di-Rang-Solok-Baralek-Gadang-foto-Indonesia-travel

Makan Nasi Baronjin bersama
Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan dari daerah adalah pawai ! Di Rang Solok Baralek Gadang, juga terdapat pawai budaya yang diikuti oleh sekitar 13 kelurahan. Eits, apakah kamu tahu kalau 13 kelurahan ini ternyata mewakili 13 yang ada di kota Solok dimulai dari kelahiran hingga kematian. Kamu juga bisa mencoba makan nasi baronjin bersama peserta pawai dan pengunjung lainnya. Wah, rasa kebersamaannya benar-benar dapat, ya!

Selain pawai budaya, akan ada banyak pihak yang mendukung kegiatan ini mulai dari Pemerintah Kota Solok, Lembaga Adat, Kelompok Tani, hingga Komunitas Ekonomi Kreatif. Akan ada banyak juga kelompok kesenian seperti sanggar tari, Dewan Kesenian, Institut Seni Indonesia Padang Panjang, dan UKM & IKM lainnya yang siap menunjukkan kesenian daerah Minangkabau khusus untukmu

Wisata Keindahan di Kota Solok, Sumatera Barat
Usai menyaksikan keindahan dan keunikan Rang Solok Baralek Gadang, sayang banget kalau kamu langsung pulang! Yuk, kunjungi tempat-tempat wisata di Solok, Sumatera Barat berikut yang sama indahnya dengan hamparan sawah Solok (*)