Karupuak Jangek (Kerupuk Kulit)

0
169
kerupuk jangek (kerupuk Kulit) foto Gurisiana

Terdapat di Kecamatan Sungai tarab dan Lima Kaum.  Bahan dasar dari kulit kerbau yang direbus dan dikeringkan lalu digoreng. Rasanya enak dan gurih. Cocok untuk teman makan nasi.

salah satu yang cukup digemari di sumatra barat adalh karupuak jagek (karupuk kulit).kerupuk ini terbuat dari kulit sapi yang telah dibuang bulu-bulunya. kerupuk kulit yang sudah digoreng, dapat dikonsumsi sampai satu minggu.

Kerupuk kulit merupakan cemilan legendaris yang hanya ada di , sebab pengolahan kerupuk yang terbuat dari kulit sapi ini hanya orang Minangkabau yang mampu membuatnya. Sehingga tidak salah kerupuk khas ini salah satu oleh-oleh yang wajib ada saat mengunjungi kerabat di luar kota.

Selama ini kerupuk kulit yang sering dijadikan oleh-oleh adalah kerupuk mentah, dengan alasan lebih tahan lama. Namun hal tersebut justru sering merepotkan sebab menggoreng kerupuk kulit memiliki trik tersendiri. Jika tidak mengetahui triknya maka biasanya gorengan kerupuk kulit menjadi tidak sempurna dan tidak mengembang.

Nah..saat ini kerabat anda tidak perlu repot untuk menggorengnya, sebab saat ini tersedia kerupuk kulit yang telah di goreng dan siap makan. Apalagi kerupuk ini ditambahi sedikit rempah-rempah sehingga rasanya lebih gurih, juga tidak perlu khawatir kerupuk ini mudah lembek, karena dikemas dalam plastik kaca yang tebal. Tunggu apalagi, segera beli kerupuk kulit buat kerabat anda atau oleh-oleh buat kerabat anda di sentra oleh-oleh terdekat.(*)

one of the most hunted culinary in west sumatra is “kerupuk jangek” (skinny cracker). the craker is made of hairless cow skin karupuk jangek will be expired in a week after the production.

No tags for this post.

Related posts