Ini yang Ditawarkan Kampung Minang Nagari Sumpu

0
91

Batusangkar – Nagari Sumpu Kecamatan Batipuh Selatan , Sumatera Barat, menawarkan wisata berbasis kearifan lokal kepada wisatawan.

Ketua Komunitas Kampung Minang, Kamrita di Sumpu, Kamis, mengatakan pihaknya telah menyiapkan beberapa destinasi serta atraksi untuk dapat dinikmati oleh pengunjung.

“Berkunjung ke Kampung Minang, wisatawan dapat menikmati kearifan lokal masyarakat dalam bentuk wisata budaya serta ,” katanya.

Tidak hanya itu, ia menyebutkan di Kampung Minang wisatawan juga dapat menikmati , seperti memetik sawo, menanam padi hingga hal berkaitan dengan kuliner.

Dalam hal wisata alam, pengunjung dapat menikmati panorama Danau Singkarak dari Puncak Tubia, selain itu juga ada Batu Baraguang yang terdapat di pinggir danau.

Sementara untuk wisata budaya wisatawan nantinya dapat menyaksikan penampilan randai, silat dan tari-tarian khas Minang.

“Selain menyaksikan, wisatawan juga dapat mempelajari tersebut secara langsung,” ujarnya.

Ia menambahkan, pada tahun 2017 juga sudah diselenggarakan Sumpu dengan beberapa agenda untuk memperkenalkan Sumpu lebih jauh.

Menurutnya tamu yang datang ke daerah tersebut tidak hanya untuk berwisata, akan tetapi juga ada yang datang untuk melakukan penelitian, sebab Sumpu terkenal dengan keberadaan rumah yang sudah berumur cukup tua.

“Untuk penginapan kami menyediakan penginapan di rumah gadang, sehingga pengunjung dapat merasakan bermalam di rumah tradisional Minang,” kata dia.

Pelaku pariwisata menilai , dalam hal wisata alam Kampung Minang Sumpu memiliki kekuatan dengan keberadaan danau, pebukitan serta sawah.

“Pengembangan wisata di daerah tersebut dapat diarahkan pada wisata minat khusus berbasis kearifan lokal,” katanya.

Sumber : sumbar.antaranews.com