Ini Biaya Penyelenggaraan Tour de Singkarak 2014

0
53

Pemerintah pusat melalui Kementerian dan Ekonomi Kreatif mengaku menggelontorkan dana sekitar Rp 6 miliar untuk penyelenggaraan Tour de (TdS) 2014. Dana tersebut merupakan dana untuk operasional penyelenggaraan, termasuk untuk hadiah yang nilai totalnya mencapai Rp 1,3 miliar.

“Biaya ini di luar perbaikan infrastruktur. Jadi, alokasinya digunakan untuk pembayaran oficial, menyewa helikopter, tenaga kesehatan, termasuk hadiah,” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar di , , Minggu (30/3/2014).

Selain dana dari pemerintah pusat, ajang TdS 2014 juga mendapat suntikan dana dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat beserta 18 Pemerintah Kabupaten dan Kota yang wilayahnya dilalui rute .

Adapun dana dari Pemprov Sumbar mencapai Rp 3 miliar, sedangkan dana dari 18 kabupaten dan kota bervariatif, mulai dari Rp 250 juta hingga Rp 1 miliar. Pengeluaran terkecil dilakukan oleh Kabupaten , sedangkan pengeluaran terbesar dilakukan oleh Kabupaten Padang Pariaman yang akan menjadi kota awal dimulainya pergelaran tersebut pada 7 Juni mendatang.

“Jadi, pendanaan lokalnya dilakukan secara gotong royong, yang istilah lokalnya balalek gadang. Nantinya, di setiap kota yang disinggahi akan diselenggarakan pula produk-produk lokal,” ucap Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim.

TdS 2014 akan digelar pada 7-15 Juni, dimulai dari Padang Pariaman, dan diakhiri di Kota Padang. Dalam penyelenggaraan tahun ini, akan ada 9 rute yang akan ditempuh oleh para peserta. Rute tersebut akan melalui 18 kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Barat, dengan jarak tempuh sekitar 1.250 kilometer. Adapun jumlah peserta mencapai sekitar 160 pebalap yang berasal dari 20 tim. TdS merupakan ajang balap sepeda yang  telah digelar sejak 2009. Saat ini, TdS telah dalam kelas 2.2 dalam kalender Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI).

SUMBER : KOMPAS – Selasa, 1 April 2014 | 08:27 WIB

No tags for this post.

Related posts