Festival Nagi Tana di Larantuka, Nusa Tenggara Timur

0
116

Keberagaman budaya di Provinsi Nusa Tenggara Timur sangat beragam. Begitu juga yang ada di Kabupaten Flores Timur (Flotim). Untuk terus melestarikannya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur menggelar Festival Nagi Tana.

Lokasi Festival sendiri berada di Taman Felix Fernandez Larantuka. Festival Nagi Tana sendiri digelar dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Flores Timur dan Pemilihan Oa (Putri) Pariwisata Flores Timur.

“Konsep kita adalah perlombaan fashion show dengan dua kategori perlombaan yakni fashion show pakaian adat asli (Lamaholot) dan fashion show. Nantinya akan nada modif pakaian kerja yang diikuti oleh 19 kecamatan. Yang mau kita tonjolkan adalah cinta terhadap khasana budaya kita Lamaholot Flotim,” kata Apolonia, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flotim,

Bukan tanpa alasan, Budaya Lamaholot dan kain tenun NTT ditonjolkan kata Apolonia, Motif daerah pakaian Flores Timur itu sudah mendunia. Terlebih sering dibawa oleh karya desainer dari management Levico.

“Khusus untuk perlombaan fashion show kategori modif pakaian kerja, perlombaan ini akan dimeriahkan dengan tampilan pakaian kerja motif khas Flotim hasil karya desainer dari Levico. Salah satu di antaranya adalah mencintai hasil karya tenunan kita sendiri, dan mendukung Peraturan Bupati Flores Timur tentang Pemakaian Pakaian Motif Daerah Flotim,” ujarnya.

Tak cuma Festival Nagi Tana, perayaan HUT Kabupaten Flotim ke-60 akan dilanjuti dengan persembahan acara pemilihan Oa Pariwisata Flores Timur 2019 dan acara hiburan sepanjang masa oleh D’Rippen Production . (*)