Festival Bunaken

0
146

Siapa sih yang enggak tahu keindahan Pantai Bunaken? Kalau belum pernah ke sini, minimal kamu pasti pernah denger soal daya pikatnya. Nah, pas banget. Bulan ini bakal ada Festival Bunaken yang bakal jadi pesta budaya sekaligus ajang buat kamu selamatkan ekosistem laut Indonesia.

Penasaran dengan rangkaian acaranya? Simak selengkapnya di sini, ya!

1. Ada parade katinting yang interesting

Sumber foto : indimanado.com

Kamu sudah pernah mendengar tentang katinting? Nah, katinting adalah sebuah transportasi laut khas nusantara. Selain sebagai alat transportasi lintas generasi, katinting ini juga membantu para nelayan mencari ikan yang nantinya bakal diperjualbelikan. Yang lebih seru lagi, pembukaan Festival Bunaken 2022 nanti bakal diisi dengan katinting yang ramai-ramai berlayar sekaligus menghiasi permukaan lautan, lho!

2. Gerakan Clean Bunaken bersama jaga kebersihan pesisir pantai

Mengusung tema “It’s Time For Bunaken, Let’s Save Bunaken”, festival yang diadakan dari tahun ke tahun ini bakal mengajak masyarakat setempat dan wisatawan buat bergotong-royong membersihkan pantai. Semoga dengan adanya kegiatan ini, semua orang yang berkunjung ke pantai akan lebih sadar buat buang sampah langsung pada tempatnya, supaya eloknya pesisir pantai ini tetap terjaga.

3. Wih, ada pertunjukan ragam tarian tradisional juga lho

Acara ini memang penuh dengan kegiatan seru. Selain memberishkan pantai, kamu juga bakal belajar kearifan lokal dari masyarakat sekitar. Ini dia salah satunya dengan menikmati penampilan dari para pegiat seni lokal akan tarian tradisional yang penuh makna. Nantinya dengan pakaian khas Sulawesi  Utara, Tarian Masamper, Tarian Maengket, dan Tarian Kabasaran bakal siap memukau kamu dan penonton lainnya!

4. Bukan fashion week, bakal ada fashion on the beach

Bak hal yang sedang happening di Indonesia, Festival Bunaken 2022 juga udah menyiapkan runaway khusus buat para model berlenggak-lenggok dengan pakaian santai di pantai Taman Nasional Bunaken Indonesia. Cocok banget nih buat kamu yang mau liburan ke pantai tapi bingung harus pake outfit yang mana, soalnya fashion on the beach Festival Bunaken 2022 ini bakal trendy dan fashionable abis!

5. Bantu terumbu karang pulih, kamu juga bisa ikutan coral planting

Ini waktunya terumbu karang di Indonesia bahkan dunia pulih kembali. Melalui Festival Bunaken 2022, para diver bakal menyediakan habitat sekaligus merehabilitasi ekosistem terumbu karang di laut Taman Nasional Bunaken Indonesia. Semoga aksi ini bisa memulihkan terumbu karang sekaligus menciptakan alam bawah laut yang makin cantik!

6. Bakal bangun barikade mangrove buat lindungi pantai

Yup, pasti kamu udah enggak asing sama tanaman mangrove atau bakau yang punya segudang manfaat buat keberlangsungan ekosistem pantai. Terus pas banget nih, Festival Bunaken 2022 juga bakal ajak kamu untuk menanam tanaman mangrove yang bisa menjernihkan air sekaligus mencegah garis pantai terkena erosi. Tahun lalu, ada 500 pohon bakau yang berhasil ditanam, lho!

7. Momen melepas 100 tukik penyeimbang ekosistem laut 

Satu hal yang harus kamu tahu, tukik itu punya peran penting banget lho dalam keseimbangan ekosistem laut. Nah itulah kenapa Festival Bunaken 2022 yang bakal digelar mulai dari 2 – 4 November 2022 ini juga bakal say goodbye buat 100 tukik yang sudah siap buat menjaga fungsi terumbu karang supaya produktif hingga memindahkan nutrisi penting dari perairan ke pesisir pantai.

8. Setelahnya kamu bisa self reward dengan arung jeram di Timbukar Manado!

Sumber foto : manado.tribunnews.com

Buat kamu yang sudah berpartisipasi aktif dalam menyelamatkan laut Indonesia khususnya Sulawesi Utara pada Festival Bunaken 2022, terima kasih ya! Selanjutnya kamu juga bisa lho menghabiskan waktu dengan jajal pengalaman arung jeram atau rafting di Sungai Nimanga yang terkenal menantang banget. Jadi buat kamu para pencinta wisata yang memicu adrenalin, spot satu ini enggak boleh kelewatan!

Yuk, turut serta jadi salah satu pelopor dalam misi menyelamatkan laut Indonesia melalui Festival Bunaken 2022. Namun, sebelum kamu datang ke sini, pastikan dulu kalau vaksinasimu sudah lengkap sehingga perjalananmu bakal aman buat dirimu sendiri maupun orang lain. Oiya, jangan lupa protokol kesehatan 6M-nya juga, ya!