Covid-19 Belum Berdampak Serius Terhadap Pariwisata Sumbar

0
73

Kepala Dinas Sumatera Barat, Novrial menyebutkan, bahwa sektor pariwisata di Sumbar belum berdampak serius akibat penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang tengah mewabah di seluruh dunia.

Walaupun secara data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar ada penurunan jumlah angka kunjungan wisatawan manca-negara pada Januari-Februari. Namun hal tersebut bukanlah semata-mata oleh faktor penyebaran wabah Corona.

Menurut Kadispar Sumbar, Novrial, berdasarkan pengalaman sebelumnya pada triwulan pertama, memang mengalami kondisi low season. Dampaknya, apakah turun atau akan terlihat pada triwulan kedua.

“Belum berdampak secara signifikan. Data BPS tentang berkurangnya angka kunjungan Wisman ( mancanegara) pada Januari hingga Februari 2020, sebesar 16% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019. Pengalaman sebelumnya pada triwulan pertama memang kondisi low season dan baru bisa dilihat dampaknya pada triwulan kedua,” ungkap Novrial pada Jumat (13/3).

Novrial menambahkan, untuk ke depannya, langkah yang dilakukan Pemprov melalui Dinas Pariwisata Sumatera Barat adalah mengoptimalisasi potensi wisatawan nusantara, perantau dan pelaksanaan MICE di Sumatera Barat.

“Optimalisasi potensi wisatawan di Sumbar baik melalui pendekatan dan promosi langsung, maupun dukungan event pariwisata dan Ekraf yang dilakukan berbagai pihak di luar Sumbar. Sampai Maret 2020, beberapa kegiatan dan event sudah dilakukan di Jakarta, Jambi dan ,” ujar Novrial.

Selain itu, kata Novrial, pihaknya berkoordinasi dengan unsur pentahelix (industri, akademisi, komunitas, dan ) memberikan sosialisasi melalui berbagai media untuk meyakinkan dan wisatawan bahwa, Sumatera Barat adalah daerah yang aman untuk dikunjungi untuk berwisata.


Ketentuan : 
Berita ini dan semua isi dari sumbar.travel diperbolehkan untuk diperbanyak, disebarluaskan dan dirubah seperlunya dengan mencantumkan sumber sumbar.travel

Sekilas Sumbar.Travel

Sumbar.travel merupakan situs publikasi kepariwisataan yang dikelola tim yang dibentuk . Untuk menyebarkan informasi Dinas Pariwisata menggunakan situs sumbar.travel, media sosial @sumbartravel, bekerjasama dengan Sumbar. Publikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan media luar ruang dan media massa. Paragraph

Ingin kegiatan, lembaga atau profil usaha pariwisata anda dipublikasikan? Kirimkan informasinya ke email news@sumbar.travel

Informasi resmi Dinas Pariwisata Sumbar, bisa didapatkan di http://dispar.sumbarprov.go.id/

No tags for this post.

Related posts