10 Negara Siap Unjuk Gigi Dalam Festival Pencak Silat International 2016 di Padang

0
81


– IPSI Sumbar mengadakan Pencak Silat International (FPSI) 2016.

“Kita akan mengadakan perdana di Sumbar yang berlangsung selama 4 hari pada 20-23 Oktober 2016,” kata Walikota Padang H. Mahyeldi di Padang, Kamis (13/10/2016).

Ia mengatakan, umum biasanya hanya memahami pencak silat dengan mengedepankan fisik. Padahal ada unsur estetika dalam silat tersebut. Melalui festival pencak silat nantinya akan terlihat indahnya seni pencak silat.

“Seperti bela diri kungfu, itu banyak mengandung unsur seni. Begitu juga dengan pencak silat , ada pula unsur seninya,” kata dia.

Ia berharap, melalui Festival pencak silat Internasional itu, para pesilat , khususnya pesilat ranah minang bisa menjajal keahliannya masing-masing. “Kami ingin menampilkan bela diri urang minang, agar sejajar di tingkat internasional,” kata Mahyeldi.

Di antara negara yang akan ikut serta dalam Festival pencak silat Internasional ialah Jepang, Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Madagaskar, Timor Timur, Lithuania, Fiji, Polandia dan Italia.

Banyak negara telah mulai mengambil seni bela diri yang berasal di Indonesia, dengan Malaysia, Lithuania dan dilaporkan telah menghasilkan banyak atlet yang baik.